Live in SMPK Santa Ursula Ende, Belajar Berinteraksi dengan Orang Tua Asuh

Sebanyak 158 siswa kelas VIII dan 13 guru pendamping SMPK Santa Ursula Ende mengikuti kegiatan live in di Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, Jumat-Minggu 13-15 Desember 2019. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pelajaran berbeda kepada para peserta didik saat tinggal, menginap, serta berinteraksi dengan para orang tua asuh.

Selama kegiatan, para peserta didik menginap di rumah warga Aeramo yang menjadi orang tua asuh mereka selama 3 hari. Sepanjang waktu itu, mereka diwajibkan mengikuti dan membantu semua kegiatan dalam keluarga seperti memasak, mencuci, menyapu, dan lain-lain. Para peserta didik belajar berkomunikasi dan memperoleh pemahaman berbeda dari keseharian mereka bersama orang tua kandung dan selama tinggal di asrama.

Pada hari pertama kegiatan live in, kedatangan para peserta didik dan guru pendamping disambut hangat oleh warga serta aparat Desa Aeramo. Setelah penyambutan, acara dilanjutkan dengan kegiatan pramuka dan api unggun kolaborasi antara SMPK Santa Ursula Ende dan SMPN 3 Aesesa. Pada hari kedua kegiatan live in, mereka melakukan kegiatan pentas seni bersama.

Pada hari ketiga, para peserta didik SMPK Santa Ursula, Ende ikut terlibat menjadi anggota paduan suara dalam perayaan Ekaristi. Setelah itu, sebelum pulang ada penyerahan kenang-kenangan dari SMPK Santa Ursula, Ende kepada Desa Aeramo.